The Zain

/home/puskom35/Downloads/cooltext531071763.png

Minggu, 01 Mei 2011

KUMPULAN MAKALAH PERGURUAN TINGGI


CARA BELAJAR EFEKTIF DI PERGURUAN TINGGI
Memutuskan untuk kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN), juga perguruan tinggi swasta (PTS), berarti Anda sudah siap menghadapi berbagai resiko atau tantangan. Yang pasti, suasana dalam menghadapi perkuliahan, secara umum, berbeda sekali daripada suasana belajar di sekolah menengah. Yang pertama membutuhkan kemampuan mengembangkan inisiatif sendiri (internally driven) dalam merencanakan dan menangani permasalahan yang muncul, sementara yang kedua tidak selalu seperti itu. Di sekolah menengah, dominasi aktifitas siswa di kelas masih banyak dalam bentuk menyimak materi yang disampaikan guru.
Tulisan ini membahas beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk kuliah serta langkah dan persiapan yang perlu ditempuh mahasiswa baru untuk memulai kuliah di PTN/PTS sehingga mampu belajar (kegiatan akademis) secara efektif. Pada saat memasuki kehidupan kampus, umumnya Anda harus membiasakan diri untuk hidup jauh dari anggota keluarga dan sanak saudara; terpaksa hidup sendirian. Bapak dan Ibu, yang mengingatkan kealpaan dan memenuhi keinginan Anda serta adik, kakak, dan kawan-kawan yang dijadikan sebagai teman bercanda ria selama ini, tidak mungkin lagi akan mewarnai keseharian dan keceriaan Anda. Paling-paling hal yang demikian hanya akan Anda dapati sekali dalam sebulan atau ketika Anda pulang ke rumah/kampung halaman untuk menjemput bekal atau berlibur.
Secara akademis, persiapan Anda untuk memulai perkuliahan di ruangan kuliah dapat dikelompokkan sebagai berikut :
  1. perhatian penuh pada pelajaran di kelas
  2. catatan secara gamblang/garis besar
  3. catatan rapi di rumah
  4. kiat tertentu dalam mencatat, berlatih, dan pekerjaan rumah
  5. curah pikir dengan teman sekelas dan bertanya pada dosen
  6. diskusi rutin dengan penasihat akademik
  7. diskusi di jurusan
  8. aktifitas ilmiah di jurusan/fakultas; perpustakaan
  9. pengabdian kepada masyarakat
  10. publikasi dan korespondensi
  11. memahami dosen kita kerena dosen itu unik
  12. belajarlah anda memahami dosen jangan dosen yang mamahami anda
  13. aturlah sedemikian rupa mata kuliah yang akan kita pelajari
  14. belajarlah anda mandiri di kampus.
Salah satu perbedaan lain belajar di sekolah menengah dan PTN/PTS terletak pada keharusan seorang mahasiswa bersikap proaktif. Artinya, dosen hanya bersifat fasilitator di kelas; justru mahasiswa yang dituntut untuk secara aktif mengembangkan materi. Oleh karena itu, Anda perlu berkonsentrasi secara penuh dalam memusatkan perhatian pada materi yang didiskusikan di dalam kelas. Akibat keterbatasan kapasitas otak manusia dalam mengingat informasi yang diterima, Anda disarankan membuat catatan. Buatlah catatan itu secara garis besar saja. Rangka catatan tersebut, yang berbentuk garis besar, tabel, diagram, atau pemendekan dan sebagainya, perlu dicatat ulang dan dilengkapi di rumah atau tempat Anda tinggal. Hal ini sekaligus merupakan kiat yang juga ampuh untuk menghafal pelajaran, selain belajar secara mandiri di rumah dan perpustakaan, berdiskusi dengan teman atau penasihat akademik dan ketua/sekretaris jurusan pada waktu tertentu.Hanya saja, persoalan yang ditimbulkan oleh personil yang disebutkan terakhir di atas hendaknya juga menjadi bahan pertanyaan bagi kita. Dalam menjalankan tugas yang telah berat untuk melayani mahasiswa secara akademis dan pribadi, kehadiran sebagian ketua/sekretaris jurusan juga pimpinan fakultas/universitas masih menyebalkan.
Belum lagi, sebagian pimpinan masih ditolerir untuk memiliki jabatan rangkap hampir di semua bidang di Perguruan Tinggi.Selain itu, berdiskusi perlu ditingkatkan secara kualitas dan kuantitas karena perpustakaan Perguruan Tinggi, umumnya, masih sangat memprihatinkan dari segi jumlah koleksi dan pelayanan. Adalah nyata bahwa kepedulian pimpinan Perguruan Tinggi pada perpustakaan dipastikan belum sejalan dengan status perpustakaan sebagai jantung perguruan tinggi.
Kapankah pimpinan mampu mengalokasikan 10 % dari dana anggaran tahunan untuk perpustakaan seperti keadaannya di negara tetangga kita, Malaysia dan Singapura? Tambahan lagi, pengelolaan administrasi perpustakaan Perguruan Tinggi yang sudah harus pula secara digital.
Kesempatan berkuliah di perguruan tinggi hendaknya juga dimanfaatkan sebagai wadah untuk menempa diri untuk belajar hidup bermasyarakat. Walaupun sudah dimulai di sekolah menengah, ikut serta dalam mengurus organisasi kemahasiwaan di kampus akan mematangkan cara dan pola hidup bersosialisasi. Organisasi dapat mematangkan emosional Anda karena mengajarkan cara saling menghargai, berargumentasi, atau berdemokrasi. Oleh karena itu, Anda perlu ikut berkiprah sebagai salah seorang pengurus himpunan mahasiswa jurusan, fakultas, atau universitas, selain organisasi kemahasiswaan di luar kampus lainnya. Akan tetapi, perlu diingatkan bahwa aktifitas yang utama bagi Anda adalah mengikuti perkuliahan.
Pendalaman materi kuliah juga bisa Anda dapatkan pada saat mengikuti kegiatan ilmiah lainnya, seperti dalam seminar, lokakarya, workshop, dan lain sebagainya. Para pakar yang menjadi nara sumber pada pertemuan ilmiah, biasanya, menginformasikan pembahasan yang mutakhir dari suatu materi bahasan. Secara teknis operasional, Anda juga disarankan untuk membina hubungan silaturahim dengan cara berkomunikasi lisan (telepon) atau secara tertulis dengan seseorang di luar negeri, orang asing atau teman/sanak saudara Anda. Komunikasi lisan dan tulisan yang terakhir ini, tentu saja, sebagai ajang mempraktekkan sekaligus meningkatkan kemampuan berbahasa asing Anda, seperti bahasa Inggris dan lain sebagainya.banyak fakta dan hasil survai membuktikan bahwa keberhasilan seseorang tidak ditentukan oleh jenis sekolah (negeri atau swasta) dan kuliah di PTN atau PTS, di luar negeri, Jawa atau Padang saja dan sebagainya.
Selamat berkuliah. oleh : Zain Muslim.





1 komentar:

  1. Saran sagan blog ikam Biar lebih mantap,,

    1. blog ikam neh dipasangi readmore di homepagenya (masukan jump break di setiap postingan)biar di homepagenya setiap postingan kada muncul semua, cukup deskripsi ja.


    2 . setting komennya masih standar bawaan blogger jadi perlu diubah caranya pernah ku posting di:
    PERLUKAH MEMASANG KODE VERIFICATION DI BLOG SOBAT

    3. Beberapa tips ngeblog yang pernah ku tulis mungkin bermanfaat sagan blog kam Tips Ngeblog Tergaptek..



    Semoga sukses ngeblognya :)

    BalasHapus